Kamis, 12 Oktober 2017

INOVASI SISTEM INFORMASI &TEKNOLOGI INFORMASI

Inovasi Sistem Informasi & Teknologi Informasi Modern


Sistem merupakan sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan informasi merupakan fakta / data yang diorganisasikan atau diolah secara tertentu sampai mempunyai arti bagi si penerima atau pengguna. Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan sebuah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang-orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi manajemen,dalam arti luas sistem informasi merupakan interaksi anatara orang , proses algoritmik, data, dan teknologi.

Teknologi informasi merupakan sebuah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, atau menyebarkan informasi. inovasi merupakan sebuah proses atau hasil pengembangan dan pemanfaatan teknologi, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk memperbaiki atau menciptakan sesuatu produk, proses, atau sistem baru yang memberikan nilai secara berarti atau signifikan.

Dapat disimpulkan bahwa inovasi sistem informasi & teknologi informasi modern merupakan sebuah pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang membantu manusia dalam operasi manajemen dan lain-lain untuk terus berkembang pada setiap zamannya. Inovasi-inovasi baru selalu lahir atas perkembangan kinerja otak manusia yang bekerja di bidang SI & TI.

Pengertian inovasi menurut para ahli :

  • Kuniyoshi urabe menurut kuniyoshi urabe, inovasi merupakan setiap kegiatan yang tidak bisa dihasilkan dengan satu kali pukul, melainkan suatu proses yang panjang dan kumulatif, meli[uti banyak proses oengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke implementasian nya dipasar.
  • Van de ven, andrew H. Menurut van de ven, Andrew H. Pengertian inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka waktu tertentu yangdilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi didalam tatanan organisasi tertentu.
  • Everett M. Rogers menurut Everett M. Rogers inovasi merupakan sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai sesuatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok tertentu untuk diaplikasikan ataupun diadopsi.
  • Stephen Robbins menurut stephen Robbins inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jas.
  • UU No. 19 Tahun 2002 Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau pun perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada kedalam produk ataupun proses produksinya.

Inovasi mempunyai 4 (empat) ciri yaitu: 

  1. Memiliki kekhasan / khusus artinya suatu inovasi memiliki ciri yang khas dalam arti ide, program, tatanan, sistem, termasuk kemungkinan hasil yang diterapkan.
  2. Memiliki arti atau unsur kebaruan, dalam arti suatu inovasi harus memiliki karakteristik sebagai suatu karya dsan buah pemikiran yang memiliki kadar orsinalitas dan kebaruan.
  3. Program inovasi dilaksanakan melalui program yang terencana, dalam arti bahwa suatu inovasi dilakukan melalui suatu proses yang tidak tergesa-gesa, namun keinginan inovasi disiapkan secara matang dengan program yang jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  4. Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan, program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah yang ingin dicapai, termasuk arah dan strategi untuk mencapai tujuan tertentu.


Tren Teknologi Informasi (Modern)
Teknologi Web 1.0, 2.0 & 3.0


  1. Web 1.0: adalah generasi pertama dari website di internet. pada tipe ini pengunjung hanya bisa mencari (searching) dan melihat lihat (browsing) data informasi yang ada di web. jadi web tipe ini seperti papan pengumuman didunia maya dalam hal ini pengunjung tidak ada proses input data ke website.

  2. Web 2.0: dimana pengumuman mulai dapat melakukan interaksi dengan diatur oleh sistem yang ada pada web. web 2.0 memiliki beberapa ciri khas yaitu share & collaborate.

  3. Web 3.0: dimana web seolah-olah sudah seperti kehidupan dialam nyata. web 3.0 memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide. jadi, web disini seolah-olah sudah seperti asisten pribadi kita. web mulai mengerti kebutuhan kita dengan bisa memberi saran atau nasehat.
Manfaat :
Inovasi-inovasi dalam sistem informasi berguna untuk mengembangkan operasi - operasi manajemen yang digunakan berbagai macam perusahaan . contohnya manfaat dalam sistem informasi adalah: meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi bisnis, membangun sumber-sumber informasi strategis.

Dalam teknologi informasi, inovasi-inovasi yang baru dapat menghasilkan sebuah produk yang berkembang. Dapat juga untuk membantu pekerjaan manusia dalam mengerjakan sesuatu.

Contoh :
  1. Sosial media
    Sosial media sekarang ini penuh inovasi setiap tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instragram, dan lainnya. Ada yang berbasis video, gambar, bahkan tag lokasi. Dari awalnya hanya update status , ganti profile picture. Sekarang semua bisa diuodate melalui sosial media. Hal-hal atau momen yang tidak kita mau lewati bisa kita post kesosial media.
  2. Robot
    Perkembangan teknologi robot sudah sangat berkembang sekarang ini. Ditemukan oleh ilmuan islam ditimur tengah pada abad ke 11 oleh Al jazari. Pada saat itu robot sangat sederhana, sekarang robot sudah berkembang pesat. Contohnya robot dari negri sakura jepang, asimo merupakan robot humanoid yang dibuat oleh honda. Simino bisa mendeteksi gerakan , mengenal suara dan lai-lain. Hal tersebut adalah bukti hasil inovasi-inovasi sistem informasi & teknologi informasi modern.
  3. Teknologi Gaming.
    Untuk terciptanya alat gaming yang stabil dan efektif terhadap sipengguna . teknologi gaming pun semakit berkembang. Contohnya playstation Eye yang mendeteksi gerakan pemin, sama halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture, seperti nintendo wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru itu adalah virtual reality. Virtual reality diharapkan kedepannya bisa membawa pemain merasakan masuk kedalam game.
  4. Drone
    Drone merupakan pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali disuatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain itu dapat dikendalikan, Drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang direkam oleh Drone dari udara.
Demikian yang bisa saya jelaskan, manfaat serta contoh yang tertera diatas dapat disimpulkan dari inovasi sistem informasi & teknologi modern.


Sumber :


Kelas 2KA33
Nama kelompok :
  • Hafiz Almuffi     (13116141)
  • Nadia mega maulida     (15116257)
  • Bimo suryo utomo     (18116412)
  • Alan hadi pulungan     (10116475)
  • Muhamad ghifari     (14116872)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar