Selasa, 08 November 2016

ACHIEVED STATUS dan contoh kasusnya

ACHIEVED STATUS

Achieved Status adalah kedudukan/status yang diperjuangkan oleh seseorang. Status ini sangat bergantung pada kemampuan individu tersebut dan tidak berdasarkan atas kelahiran. Achieved Status dapat diperoleh melalui prestasi, kekuasaan/jabatan, kualitas pribadi, dan sebagainya.

Contoh Kasus Achieved Status.
  1. Prestasi                    : Status diperoleh dari hasil individu tersebut dalam menyelesaikan studi atau meraih juara dalam suatu kejuaraan/bidang. Contohnya gelar sarjana, dokter, insinyur, dsb. Seperti kasus pada bulan Juni 2016 lalu, seorang mahasiswa bernama Firna Larasanti yang merupakan putri dari pasangan pemulung, lulus menjadi sarjana di Universitas Negeri Semarang dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,77 yang berarti mendapatkan predikat cum laude.
  2. Kekuasaan/ Jabatan : Dalam masyarakat, seseorang yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibanding masyarakat lainnya, maka seseorang tersebut akan dipandang memiliki status yang tinggi. Contohnya kepala daerah, pemimpin perusahaan, ketua organisasi
  3. Kualitas Pribadi       : Seseorang yang dituakan dalam lingkungan masyarakat dan dipertimbangkan dari pengetahuan ilmu dan pengalaman individu sendiri. Contohnya pemuka agama atau pemuka adat dilingkungan tersebut.

Sekian artikel saya tentang ACHIEVED STATUS, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar