Selasa, 08 November 2016

ASSIGNED STATUS dan contoh kasusnya

ASSIGNED STATUS

Assigned Status adalah status yang diperoleh melalui penghargaan atau pemberian dari pihak lain atas usaha, jasa, dan perjuangan sesuatu untuk kepentingan atau kebutuhan masyarakat. Contohnya gelar kepahlawanan, gelar pelajar teladan, penganugrahan, dan sebagainya.

Contoh kasus Assigned Status.
  1. Gelar Kepahlawanan  : Pahlawan Nasional adalah gelar kepahlawanan tingkat tertinggi di Indonesia. Gelar ini diberikan oleh Pemerintahan Indonesia atas tindakan yang dianggap heroik - didefinisikan sebagai "perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat lainnya." atau "berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara." seperti salah satu pahlawan kita yaitu Ir. Soekarno yang dikenal sebagai bapak proklamator kemerdekaan Republik Indonesia.
  2. Gelar Pelajar Teladan  : biasanya gelar ini sering diberikan oleh guru kepada muridnya yang memiliki kepandaian dan sikap lebih baik dari murid lainnya atau juga dengan membuat ranking berdasarkan nilai yang didapatkan oleh muridnya.
  3. Penganugrahan           : pemberian status oleh suatu pihak kepada individu tertentu sebagai pengakuan prestasi yang telah dicapai/dimiliki individu tersebut. Contohnya Grammy Award, suatu penghargaan yang diberikan oleh National Academy of Recording Art and Sciences di Amerika Serikat untuk mengakui prestasi yang luar biasa dalam industri musik.

Sekian artikel saya tentang ASSIGNED STATUS, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

1 komentar: