Selasa, 22 November 2016

DISKRIMINASI


DISKRIMINASI

         Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Diskriminas adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan: warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya) atau Diskriminasi didefinisikan sebagai perlakuan yang tidak adil terhadap individu/golongan tertentu, di mana perlakuan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain.

Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain yang diduga merupakan dasar dari tindakan diskriminasi.

Diskriminasi langsung: terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.

Diskriminasi tidak langsung: terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.

~ kenapa diskriminasi bisa terjadi belakangan ini, apa yang salah?
menurut saya karena rakyat indonesia memiliki banyak perbedaan ras, suku, budaya dan agama serta kurangnya nilai keagamaan, rasa toleransi, saling menghargai dan sikap menjunjung semboyan bangsa kita yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya "berbeda - beda tetapi tetap satu jua".

Cotoh kasus diskriminasi:
1. "Di Kota Padang Sidempuan misalnya, ada anak yang ditolak mendaftar di sekolah menengah  
    kejuruan karena cacat kaki. Pihak sekolah menyatakan penolakan tersebut berdasarkan pada SK
    Walikota," kata Jailani dalam diskusi refleksi Hari Anak Nasional yang berlangsung di Kantor
    KKSP Jl. Stella III, Medan, Sabtu (23/07/2011).

2. "Beberapa bulan lalu sempat ramai di media sosial facebook tentang 2 orang mahasiswa yaitu
    Benediktus Fatubun (23) dan Ruben Frasa (26) lantaran mereka kesulitan dan selalu ditolak saat
    mencari tempat kos di Yogyakarta, karena mereka berasal dari Papua."


Sekian artikel saya tentang DISKRIMINASI, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar