Selasa, 08 November 2016

ASCRIBED STATUS dan contoh kasusnya


ASCRIBED STATUS

Ascribed Status adalah kedudukan/status seseorang dalam masyarakat yang didapatkan dari kelahiran atau keturunan. Jadi status ini sudah merupakan takdir dari orang tersebut, seperti jenis kelamin, ras, kasta, golongan, keturunan, dan sebagainya. 

Contoh kasus Ascribed Status.
  1. Jenis kelamin : secara umum pada bermasyarakat, seseorang yang dilahirkan sebagai laki - laki diharuskan berperan secara maskulin atau lebih dikenal dengan istilah jantan dan sebaliknya perempuan berperan secara feminin.
  2. Ras                : Indonesia merupakan negara kesatuan yang masyarakatnya terdiri dari beberapa ras/suku bangsa dan memiliki karakter/watak/sifat, bahasa, bentuk fisik yang berbeda. berdasarkan ras - ras itulah yang menjadi status bagi individu tersebut.
  3. Kasta             : Kasta yang sebenarnya merupakan perkumpulan tukang-tukang atau orang-orang ahli dalam bidang tertentu. Pembagian manusia dalam masyarakat agama Hindu. pembagiannya seperti berikut: 1. kasta Brahmana yang ahli dibidang ilmu (Pendeta dan para Sarjana), 2. kasta Ksatria merupakan pemegang kekuasaan (prajurit, pejabat dan bangsawan), 3. kasta Waisya orang yang mempunyai usaha/wirausaha (petani, pedagang dan pemilik tanah), 4. kasta Sudra berkedudukan sebagai hamba sahaya (rakyat jelata dan pekerja kasar).
  4. Golongan      : Golongan darah salah satu contoh yang paling umum. yang didapatkan dari gen orang tua individu tersebut.
  5. Keturunan     : Seseorang yang merupakan keturunan bangsawan maka otomatis dia akan mendapatkan gelar bangsawan. Bahkan di negara Inggris syarat untuk menjadi Raja/Ratu disana haruslah orang yang masih mempunyai hubungan darah/keturunan dari Raja/Ratu sebelumnya. 

Sekian artikel saya tentang ASCRIBED STATUS, semoga bermaanfat dan terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar